Suzuki Aerio Hitam B 8024 FJ Buang Korek Kuping Di Jalan

Saat membuka Facebook pagi ini, ada invitation dari Pak Timo untuk joint di Stop Throwing Trash In The Streets. Jadi teringat kemarin sere saat melakukan perjalanan menuju kampus IPB, Darmaga, Bogor.

Saat asyik ngobrol dengan Hadi, tiba-tiba mata saya dikagetkan oleh pengendara Suzuki Aerio Hitam dengan nomor B 8024 FJ yang mengeluarkan dan membuang cutton bud alias pembersih kuping ke jalanan. Emang sih! hanya korek kuping. Besok lusa dia akan membuang sampah apa di jalan?

Ironis ya? Mobilnya bagus tapi tidak didukung dengan perilakunya dan kecintaannya dalam menjaga lingkungan. Bagi sebagian orang jalan raya adalah tong sampah raksasa yang bisa kapan saja diisi dengan kotoran dari kendaraannya.

Masa mobil sebagus itu tidak punya tong sampah ya? Saya jadi teringat, saat membaca blognya Mba Ne, saat menceritakan mobil BWM yang membuang sampah di jalan. Emang menyebalkan sekali ketika melihat perilaku seperti itu. Rasanya ingin meneriaki mereka dengan bunyi klakson:)

Sebetulnya tidak hanya pemilik kendaraan saja yang sering membuang sampah di jalan raya. Penumpang angkutan umum pun sering melemparkan sampahnya ke jalana.

Suatu kali pernah satu angkot dengan seorang laki-laki yang menghabiskan satu plastik biskuit melemparkan bungkus plastiknya ke jalan.

Dengan cueknya, saya tergur saja. “Mas jangan dibuang ke jalan, tambah kotor kan jalannnya sama sampah plasti.” Tapi ndablek! kata orang jawa. Dia lempar juga ke jalan.

Juga seorang ibu di KRL Ekonomi AC. Setelah dia menghabiskan caramelnya, plastiknya dia buang ke lantai kereta. Padahal itu, KRL Ekonomi AC yang notabene bersih dari sampah. Duh! gusti. Mukanya saya lihat santai aja….tanpa rasa salah.

Pernah juga beberapa anak SD naik angkot. Setelah menghabiskan minumannya mereka hendak membuang tuh plastik ke jalan. Kebetulan mereka berseragam pramuka. Jadi tergerak juga nih, masa anak pramuka buang sampah sembarang. ” De, jangan dibuang ke jalan ya plastiknya. Masa pramuka buang sampah sembarangan. Inget Dasa Dharma Pramukan gak? ”

Lucu juga sih…berani-beraninya ya negur anak orang. Habis, gatel deh mulutnya. Ayo! jangan buang sampah di jalan raya…..

3 thoughts on “Suzuki Aerio Hitam B 8024 FJ Buang Korek Kuping Di Jalan

  1. wah, sama tuh. sebel banget aku sama orang yang buang sampah ke jalan. tapi sampe sekarang nggak pernah negur, abis pastinya sedang di dalam mobil kan? paling cuma marah2 sendiri aja😀

  2. ya…ya…emang susah ya ngurusin kebiasaan orang lain itu, soalnya gak ada punishment sih di indonesia untuk masalah mengotori jalan…yuk! kita mulai dari lingkungan kita dulu…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s