PETRUK alias Dawala

Disebut juga Kanthongbolong, Surogendilo, Dawala, Jeglongjaya, atau Ronggongjiwan.

Bermukim di Pecukpeculikan. Termasuk Keluarga Punakawan, anak dari Ki Lurah Semar, adik dari Nala Gareng. Memiliki pusaka bernama Klithing (lonceng) Wasiat. Memiliki sifat setia, suka prihatin, rajin, humoris, tangkas, dan bijaksana.

Petruk alias Dawala

Gara-gara kalau bercerita sering menggerakan tangan dan memperagakan apa yang sedang aku ceritakan, aku dibilang seperti wayang atau golek, terus mendapat panggilan Dawala. Awalnya sempat bete dan kesel kalau dipanggil Dawala, seperti mencela dan meledek gitu deh!

Lama kelamaan, kalau sehari tidak dipanggil Dawala, kok seperti ada yang hilang dan membuatku kangen, ceilah! Kalau dipikir-pikir, tidak ada yang istimewa dengan panggilan Dawala, tapi kenapa bisa melekat dan tak bisa dicabut dengan mudah…he…he…

Sekarang, Dawala menjadi semacam branding buat aku. Selain terdengar unik, ternyata memiliki sifat-sifat yang bagus juga. Jadi, gak salah juga julukan atau panggilan Dawala itu terus aku pakai, karena ada beberapa kemiripan dengan sifatku.

Terima kasih buat Cepot yang sudah memberikan nama panggilan Dawala, karena memang cocok buat aku yang sering menggerakan tangan dalam memperagakan cerita. Susah juga menghilangkan kebiasaan yang satu itu, apalagi kalau yang diceritakan itu lucu dan seru…suka lupa diri

2 thoughts on “PETRUK alias Dawala

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s